Ingin Berwisata ke Banten? Kontak Exclusive Travelindo

  • Telp : (0254) 227088
  • Hp: +62812 820 67070 / +62878 7137 1170
  • Pin BB: 536E2CAB
  • Email: exclusivetravelindo@gmail.com
Menu

7 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba

January 25, 2016 | Khas Banten

Saat berkunjung ke suatu tempat, pasti hal yang dicari setelah tempat-tempat menarik adalah makanan khasnya. Tidak terkecuali ketika Anda berlibur ke Banten, Anda tentu akan mencari makanan khas Banten yang bisa membuat nuansa berlibur menjadi lebih menarik dan mengasyikkan. Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang bisa Anda cari di Banten.

Makanan Khas Banten

1. Sate Bandeng
Berkunjung ke daerah Banten belum lengkap rasanya jika Anda belum menikmati sajian khas Banten berupa sate bandeng. Menurut cerita, masakan ini adalah ide Sultan Banten pada abad ke-16 yang ingin mempersembahkan hidangan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Selain bisa mengonsumsi ikan tanpa duri, Anda juga akan terpesona dengan sajian ikan tanpa rasa dan bau anyir yang bisa tergantikan oleh bumbu rempah-rempahnya. Sate bandeng ini biasanya disajikan dengan nasi tanpa tambahan bumbu sate seperti sate lain pada umumnya. Namun, rasa yang dapat dinikmati tidak perlu diragukan lagi.

2. Rabeg Banten
Makanan khas Banten selanjutnya yang wajib Anda coba adalah Rabeg, yakni makanan yang terdiri atas daging dan jeroan kambing yang diolah dengan rasa gurih, manis, dan segar. Yang menjadi menarik adalah pilihan rempah yang digunakan untuk mengolah makanan ini antara lain adalah serai. Daun jeruk, rempah pala, cengkih, dan kayu manis. Menurut cerita, rabeg adalah hidangan bagi Sultan Banten yang pada zaman dulu tidak bisa dinikmati oleh masyarakat di luar istana. Makanan ini juga biasa disajikan jika ada acara khusus seperti acara khitanan, pernikahan, dan acara khusus lainnya.

3. Nasi Sumsum
Nasi yang dicampur dengan sumsum tulang kerbau ini juga merupakan salah satu kuliner khas Banten yang wajib Anda coba. Nasi sumsum ini dimasak dengan cara dibakar sampai akhirnya aroma yang dikeluarkan berbau wangi. Pengolahan nasi sumsum ini dibuat dengan cara tradisonal, yakni dengan bumbu yang masih ditumbuk dengan dihiasi mentimun dan tomat. Makanan ini terbilang langka sehingga Anda harus agak bersusah payah mencari ebberapa tempat makan dengan menu nasi sumsum.

4. Ketan Bintul
Ketan Bintul adalah makanan khas Banten lain yang terbuat dari bahan ketan dengan dibungkus daun pisang dan disajikan bersama dengan serundeng kelapa. Nasi ketan ini doleh dengan cara dikukus dan kemudian dimasukkan ke dalam wadah sebelum akhirnya dicampur dengan serundeng. Ketan bintul ini biasanya disajikan dengan ditemani teh atau kopi. Berdasarkan cerita, ketan bintul ini merupakan makanan khas yang biasa disajikan pada Bulan Ramadan.

5. Nasi Uduk Serang
Nasi uduk Serang merupakan makanan yang sampai saat ini masih bisa Anda temui dengan mudah di Kota Serang. Biasanya, makanan ini dikonsumsi di pagi hari sebelum orang-orang atau masyarakat Kota Serang berangkat kerja atau sekolah. Menu nasi uduk ini adalah nasi uduk, tempe goreng, sayur tempe, telur pedas, dan bakwan.

6. Pecak Bandeng
Lagi-lagi, bandeng menjadi pilihan yang sangat disukai oleh masyarakat Banten. Pecak Bandeng ini dibuat dengan cara dibakar. Setelah dibakar, bandeng langsung dicampur dengan sambal.

Baca juga: Keraton surosowan banten

7. Nasi Belut
Selain bandeng, belut juga merupakan salah satu menu makanan favorit masyarakat Banten. Nasi belut ini disajikan dengan cara memotong belut kecil-kecil yang disajikan dengan campuran bubu rempah-rempah. Sebelumnya, terlebih dahulu belut tersebut diambil jeroannya kemudian dikeprek sehingga tulangnya menjadi lebih empuk. Setelah itu, belut diberi bumbu dan kemudian digoreng.

Dan berikut sedikit penampakan dari salah satu makanan khas banten, yaitu: Sate Bandeng

Related For 7 Makanan Khas Banten yang Wajib Dicoba