Objek Wisata Cikoromoy Pandeglang

Cikoromoy merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Banten dengan konsep rekreasi yang sangat cocok bagi keluarga. Untuk dapat menuju tempat wisata yang satu ini, Anda cukup menempuh jarak sejauh kurang lebih 15 km dari arah Kota Pandeglang menuju arah Mandalawani. Objek wisata Cikoromoy Pandeglang ini terletak di Desa Kadubungbung, Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang Banten. Dalam perjalanan menuju tempat rekreasi ini, Anda dan keluarga akan disuguhi oleh pemandangan pedesaaan seperti persawahan, rumah-rumah penduduk yang masih sederhana, dan tentu saja pemandangan alam seperti gunung-gunung yang ada di sekitar tempat wisata.

obyek wisata cikoromy pandeglang banten

Objek wisata Cikoromoy ini merupakan tempat pemandian air yang airnya bersumber dari mata air Kampung Cikoromoy ini pada awalnya merupakan tempat di pedalaman Cikoromoy dengan banyak pohon tinggi dan terkesan seperti hutan belantara sehingga airnya terasa sejuk saat digunakan.

Namun seiring berjalannya waktu, air yang berasal dari mata air Cikoromoy tersebut dipergunakan oleh masyarakat setempat untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari seperti halnya mencuci, memasak, mandi, memandikan dan memberi air minum ternak. Kelebihan dari sumber mata air Cikoromoy ini adalah tidak akan mengalami kekeringan meskipun sudah masuk musim kemarau. Apalagi, mata ir Cikoromoy ini juga digunakan untuk mengairi persawahan dan digunakan juga untuk PDAM yang mengairi perumahan di wilayah Pandeglang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

Secara historis, sumber mata air objek wisata Cikoromoy Pandeglang ini sudah ada jauh sebelum penjajahan Belanda. Secara bertahap, kemudian pada tahun 1975, sumber mata air ini kemudian di lokalisasi oleh masyarakat setempat untuk memenuhi kebutuhan air dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu, banyak orang yang datang ke tempat ini hanya untuk bermain-main sehingga warga lokal menerapkan tarif sebesar 100 rupiah. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula orang yang datang mengunjungi pemandian umum Cikoromoy hanya untuk bersenang-senang sehingga masyarakat meningkatkan harga tarif masuk pemandian dengan harga yang relatif murah, yaitu 3 ribu rupiah saja.

Baca juga: Kesenian Rudat Banten

Jika Anda merasa lapar setelah mandi di sini, Anda tidak perlu khawatir karena di sini juga tersedia warung makan dengan menu spesial ikan bakar. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan hiburan dan objek wisata lain selain pemandian. Objek wisata lainnya tersebut adalah Batu Quran yang dianggap sebagai keunikan khas di objek wisata Cikoromoy Pandeglang tersebut. Jadi, tunggu apa lagi, jika ingin liburan murah tapi menyenangkan bisa langsung datang ke tempat ini bersama keluarga atau bersama teman-teman!

Banten dengan objek wisata cikoromoy pandeglangnya ternyata memiliki sejarah yang menarik. Jadi rasanya harus menikmati kawasan di sana untuk liburan.

You May Also Like

About the Author: putrabanten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *