Palace Hotel PUNCAK: Inilah 6 Tips Berwisata ke Istana presiden Cipanas!

Berwisata ke Cipanas, ianjur, Jawa Barat tidaklah lengkap sebelum Anda berkunjung ke Istana Presiden Cipanas. Rencanakanlah kunjungan ke istana dan rancanglah liburan yang mengesankan. Untuk mempermudah rencana kunjungan ke istana, Anda bisa menginap di Palace Hotel Puncak. Pasalnya, hotel yang dapat dipesan secara online melalui aplikasi Traveloka ini hanya berjarak tak sampai setengah kilometer dari istana.

Di Istana Presiden Cipanas, Anda dapat menyambangi ruang kerja presiden dan juga ruang pertemuan, yang telah menjadi saksi perumusan berbagai hal penting di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat menikmati koleksi lukisan yang tetap terpelihara sejak masa pemerintahan Presiden Soekarno. Demikian pula, kagumilah aneka kenang-kenangan dari dalam maupun luar negeri yang diterima presiden saat melakukan berbagai kunjungan. Tidak lupa, Anda pun akan mengetahui kamar-kamar yang digunakan presiden maupun wakil presiden ketika menginap di istana ini.

Melakukan kunjungan wisata ke istana presiden, tentu saja, tidak dapat disamakan dengan kunjungan ke tempat wisata lain. Terdapat aturan-aturan istana yang, jika tidak Anda patuhi, bisa menggagalkan rencana kunjungan Anda. Untuk itu, Anda dapat mengikuti 6 tips berikut ini agar rencana kunjungan Anda berjalan lancar dan lebih berkesan.

  1. Pastikan Anda Telah Mengajukan Permohonan Kunjungan

1

Source: Boom Bastis

Sebelum mengunjungi Istana Presiden Cipanas, pastikan Anda telah mengajukan rencana ini kepada pihak istana. Idealnya, ajukanlah permohonan paling lambat sepekan sebelum rencana kunjungan. Informasikan jadwal kunjungan yang Anda rencanakan, nama rombongan, jumlah anggota rombongan, serta nama lengkap setiap anggota. Jalinlah komunikasi yang baik dengan pihak istana untuk memastikan rombongan Anda akan diterima dengan baik.

Baca juga: 5 Alasan Menjadikan Wisata Pantai Sawarna Sebagai Tempat Berlibur Anda

  1. Datang Tepat Waktu

2

Source: Lapis Bogor Sangkuriang

Ingatlah bahwa kunjungan Anda telah dijadwalkan oleh pengelola istana. Oleh karena itu, berusahalah untuk datang tepat waktu agar tidak mengganggu kenyamanan wisata Anda maupun orang lain. Jika perlu, menginaplah terlebih dahulu di penginapan sekitar Istana Presiden Cipanas, misalnya di Palace Hotel Puncak. Dengan demikian, Anda pun tidak harus terburu-buru dan dapat hadir di istana tepat waktu.

  1. Berkunjung ke Istana? Jangan Sampai Salah Kostum!

3

Source: www.cipanasline.com

Berwisata ke istana presiden berarti Anda melakukan sebuah kunjungan semi-formal. Untuk itu, terdapat aturan berpakaian yang harus Anda taati. Gunakanlah kemeja, batik, baju seragam, atau kaus berkerah. Selain itu, kenakanlah sepatu sebagai alas kaki Anda. Jangan sampai rencana kunjungan Anda gagal hanya gara-gara salah kostum.

  1. Bertanya Sebelum Berfoto dan Mengambil Video

4

Source: tekOOO

Tidak semua bagian istana boleh Anda abadikan menggunakan foto ataupun video. Bagaimana pun, istana presiden merupakan tempat peristirahatan dan tempat kerja abdi negara. Segala informasi di dalamnya tidak dapat disebarkan secara bebas karena, bisa jadi, memuat rahasia negara. Oleh karena itu, jika ingin mengabadikan momen di istana presiden, pastikan Anda telah bertanya dan mendapatkan izin dari pemandu Anda. Terlebih, sejak memasuki halaman istana, seluruh gerak-gerik Anda akan terekam oleh kamera televisi sirkuit tertutup (CCTV).

  1. Mengunjungi Taman Herbalia

5

Source: Guru Sejarah

Ketika berkeliling di halaman istana, sempatkanlah untuk berkunjung ke taman yang dibangun atas prakarsa Ibu Ani Yudhoyono ini. Bangun wawasan Anda tentang aneka tanaman berkhasiat obat, yang begitu banyak ragamnya di Indonesia.  Anda dapat menemukan lebih dari 200 jenis tanaman obat di Taman Herbalia.  Taman ini memang didedikasikan untuk memajukan penelitian herbal di Indonesia. Diharapkan, penelitian tersebut dapat menambah daftar paten yang dimiliki putra bangsa dan meningkatkan nilai ekonomi produk-produk herbal.

  1. Ekowisata yang Menyempurnakan Liburan Anda

6

Source: Ny Traveler

Apabila waktu Anda masih cukup luang, sempurnakanlah liburan Anda dengan mengunjungi aneka tempat wisata berwawasan lingkungan (ekowisata) di sekitar Istana Presiden Cipanas. Perkaya wawasan Anda tentang aneka tanaman di Kebun Raya Cibodas, lalu nikmatilah segarnya Air Terjun Curug Cibereum. Anda pun dapat melakukan relaksasi dengan mengunjungi Perkebunan Teh Puncak. Barulah, Anda siap mengakhiri liburan dengan jiwa yang segar. Dengan demikian, Anda pun siap memulai kembali kesibukan harian Anda.

Awali liburan Anda dengan menginap di Palace Hotel Puncak. Selanjutnya, kunjungilah Istana Presiden Cipanas yang diikuti dengan ekowisata di sekitar istana. Lalu, dapatkanlah jiwa yang segar dan bersemangat di akhir liburan. Terdengar seperti rencana liburan yang menjanjikan, bukan?

About the Author: putrabanten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *