Wisata Pantai Batu Saung Teneng Banten

Selayaknya daerah lain yang ada di Indonesia, Banten juga memiliki seabrek objek wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata religi hingga wisata alam, pokoknya sangat pas untuk di jadikan tempat favorit menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Dan berbicara tentang wisata alam di Banten ini, ada satu pantai Banten yang memiliki daya tarik luar biasa, yang wajib di kunjungi jika suatu ketika sedang mampir di propinsi Banten, yaitu Pantai Batu Saung.

Pantai batu saung teneng

Lokasi Pantai Batu Saung dan Akses Menuju Pantai Batu Saung

Pantai Batu Saung terletak di Desa Kamasan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten dan berada tidak jauh dari perempatan Teneung. Pantai ini juga diapit oleh 2 pantai lainnya yakni Pantai Pasir Putih dan Pantai Prima Anyer. Dan untuk menuju ke Pantai Batu Saung, Anda bisa melalui rute Serang – Ciomas – Padarincang – Cinangka.

Keistimewaan Pantai Batu Saung

Pantai Batu Saung adalah salah satu pantai di Banten yang sangat nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi, apalagi bagi Anda yang benar-benar merindukan suasana pantai. Dengan luasnya yang mencapai 7 hektar, pantai ini sering dijadikan sebagai lokasi shooting, baik itu iklan, film maupun sinetron, sehingga disebut juga sebagai studio alam.

Pantai Batu Saung ini memiliki pasir berwarna putih yang landai dengan ombak yang cukup tenang sehingga Anda pun bisa membawa anak-anak untuk bermain di pantai ini. Selain itu, Pantai Batu Saung memiliki sebuah batu karang unik yang lumayan tinggi dengan lubang di bagian bawahnya. Nah, batu karang ini bisa Anda daki untuk menikmati pemandangan dan suasana Pantai Batu Saung dari ketinggian.

Di sini ada juga tanah lapang yang ditumbuhi oleh rerumputan hijau nan halus dan menjadi tempat yang sangat cocok bagi Anda yang hendak mendirikan tenda dan bermalam di Pantai Batu Saung. Tetapi, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Batu Saung ini adalah saat musim kemarau, karena saat musim penghujan, air laut akan berubah menjadi kecokelatan karena tercampur dengan air sungai yang melimpah dan masuk ke laut.

Berbagai Aktifitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Batu Saung

Ada beberapa aktifitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Batu Saung ini, antara lain:

  1. Berenang dengan tenang karena Pantai Batu Saung sudah memiliki standard pengamanan life guard
  2. Melakukan kegiatan team building atau out bound
  3. Melakukan olahraga air, geam beach, photo shoot atau body surf

Berbagai Fasilitas yang Ada di Pantai Batu Saung

Sebagai objek wisata, Pantai Batu Saung sudah dilengkapi dengan berbagai aktifitas, seperti di bawah ini:

  1. Area parkir yang lumayan luas sehingga jika Anda datang bersama rombongan pun, kendaraan Anda bisa tertampung di dalam area parkir
  2. Toilet umum
  3. Vila yang lengkap dengan aulanya yang bisa disewa untuk melakukan acara
  4. Losmen dan hotel
  5. Tempat penyewaan alat-alat permainan laut seperi banana boat, donut float dan lain-lain
  6. Warung yang menjual makanan
  7. Gerai yang menjual oleh-oleh

Biaya Parkir Pantai Batu Saung

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Batu Saung ini adalah Rp 20.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 70.000,- untuk kendaraan roda empat. Sedangkan jika Anda datang bersama dengan rombongan, Anda bisa bernegoisasi mengenai biaya masuk dengan pihak pengelola terlebih dahulu.

Tips saat Berkunjung ke Pantai Batu Saung

Dan berikut ini, kami akan membagikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika Anda hendak berkunjung ke Pantai Batu Saung, antara lain:

  1. Siapkan budget dengan baik dan gunakan dengan bijak, biasakan sebelum membeli sesuatu tanyakan harganya terlebih dahulu, terutama jika Anda akan membeli oleh-oleh
  2. Siapkan kebutuhan yang sekiranya Anda butuhkan saat di pantai seperti krim tabir surya, kaca mata, topi, pakaian renang ataupun yang lainnya
  3. Untuk berjaga-jaga, siapkan P3K
  4. Kunci kendaraan Anda dengan baik sebelum Anda meninggalkannya untuk bermain
  5. Jika Anda membawa anak-anak, jangan lupa untuk selalu memantaunya.

Baca juga: Wisata Alam Curug Cihear Banten

Nah, itulah ulasan kami mengenai Pantai Batu Saung. Anda tertarik untuk menikmati suasana di pantai ini saat liburan mendatang?

You May Also Like

About the Author: putrabanten

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *