Kecantikan Alami yang Ada di Pantai Jambu Banten

Sejak lama Anyer telah dikenal dengan keindahan pantainya, namun dari sekian banyak pantai cantik yang mudah dikunjungi di Anyer, masih ada beberapa pantai tersembunyi yang lebihcantik dan asri alami serta jarang terjamah. Salah satunya adalah Pantai Jambu.

PANTAI JAMBU

Meskipun kebanyakan letak pantai di kawasan Anyer sangat strategis dan mudah dijangkau oleh para pelancong terutama yang berasal dari Banten, Jakarta, dan sekitarnya, tapi tidak demikian dengan pantai yang satu ini. Posisi pantai ini agak ke dalam menyerupai sebuah cekungan sehingga jika tidak jeli mencarinya maka akan cukup sulit ditemukan.

Bicara keunggulannya, Pantai Jambu berposisi menjorok ke darat. Artinya, di sekitar pantai ini banyak wilayah dangkal yang aman dan tidak perlu khawatir terseret arus.Selain itu pantai ini juga  memiliki ombak tenang karena berdekatan degan selat Sunda sehingga cocok dijadikan destinasi wisata air bersama anak-anak dan keluarga.

Apalagi mengingat lokasinya yang jarang terjamah, kebersihan dan kealamian pantai ini masih sangat terjaga dengan hamparan pasir putih dan lembut yang memberikan kenyamanan. Tambah lagi, panorama dan suasana yang ditawarkan Pantai Jambu juga terbilang lebih menarik, menenangkan dan indah dibanding dengan deretan pantai di Anyer lainnya.

Bayangkan saja, air laut pantai tersebut begitu bening degan nuansa hijau kebiru-biruan, pasir pantainya juga jauh lebih putih dan lembut dibanding banyak pantai lainnya di Anyer. Belum lagi angin sepoi-sepoi yang menyejukkan dan saung bambu yang banyak disediakan di wilayah tersebut membuat siapa saja yang mengunjunginya bisa merasakan ketenangan dan bebas dari kepenatan. Di musim liburan pun, wisatawan yang berkunjung tidak seramai di pantai-pantai lainnya sehingga cocok dijadikan tempat wisata murni untuk menikmati keindahan pemandangan dan suasana pantainya.

Mengenai harga masuknya, sama sekali gratis alias tidak berbayar seperti kebanyakan pantai indah namun komersil di Anyer. Soal kekurangan di pantai ini, secara menyeluruh tidak ada yang perlu dipersoalkan karena kondisi pantai yang memang cocok untuk menenangkan diri, menyejukkan mata, dan wisata santai.

Meskipun bibir pantai tidak sepanjang pantai berbayar lainnya, namun itu bukanlah masalah karena luas pantainya cukup lebar. Untuk permainan air yang tersedia, Pantai Jambu hanya menawarkan penyewaan surfboard untuk berselancar. Itu pun lebih cocok dimainkan oleh pemula dengan board standard. Karena untuk penggunaan long board, angin, dan ombaknya yang kecil sama sekali tidak mendukung untuk melakukan olahraga atraksi tersebut. Jadi, hiburan pantai seperti berenang, berjemur, dan permainan pantai non komersil seperti voli pantai, bola pantai atau sekadar bermain pasir, tentunya lebih pas mewarnai wisata di Pantai Jambu. Begitu pula dengan wisata kuliner. Sebaiknya meyiapkan bekal makanan sebelum berwisata ke pantai ini karena penjaja makanan masih sepi, terutama yang akan bepergian bersama keluarga.

Untuk menemukan lokasi pantai ini sebetulnya tidak sulit. Dari ibukota, jarak tempuhnya hanya sekitar 2 hingga 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari Anyer, patokannya sekitar 15 menit dari pantai Karang Bolong menuju arah Carita, dan berdekatan dengan pantai Carita. Tepatnya di Desa Bulakan, Serang, Banten. Begitu melewati Karang Bolong, sebaiknya mata mulai lebih jeli menatap pantai-pantai di sebelah kanan karena Pantai Jambu tidak memiliki papan nama dan belum banyak dipubliksikan oleh pemerintah setempat. Ciri-cirinya adalah pantai yang ada pohon jambunya, pantai yang terlihat agak menjorok ke darat dengan dua ayunan kayu yang terlihat jelas dari jalan raya.

Baca juga: Sekilas Pandang Sejarah Jawara Di Bumi Banten

Jadi, sayang bukan untuk melewatkan keindahan alami Pantai Jambu yang cantiknya tak kalah dari pantai Kuta Bali? Selamat berwisata!

You May Also Like

About the Author: putrabanten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *