Ingin Berwisata ke Banten? Kontak Exclusive Travelindo

  • Telp : (0254) 227088
  • Hp: +62812 820 67070 / +62878 7137 1170
  • Pin BB: 536E2CAB
  • Email: exclusivetravelindo@gmail.com
Menu

Mengintip Suaka Badak Bercula Satu di Ujung Kulon

January 14, 2016 | Pandeglang Banten

Berkunjung ke Ujung Kulon Banten dan Mengintip Suaka Badak Bercula Satu

Daerah paling ujung barat pulau Jawa, yaitu Ujung Kulon yang terletak di Provinsi Banten memang mempunyai cerita dan keajaiban yang harus kita tahu sebagai warga Indonesia, terutama tentang populasi badak bercula satu. Di Ujung Kulon Banten kita mungkin tidak bisa melihat kumpulan badak bercula satu berlarian kembali, karena ternyata statistik tingkat populasinya menurun drastis dari tahun ke tahun.

badak bercula satu

Jika anda ingin berkunjung dan explore Ujung Kulon, anda wajib menuju konservasi badak untuk lebih mengetahui karaterestik dan mencoba menjaga hewan titipan Tuhan untuk bangsa kita ini. Selain mengintip konservasi dan belajar lebih banyak, di artikel pendek ini anda juga akan di tuntun untuk menapaki keindahan dan keajaiban yang terdapat di Ujung Kulon.

Ujung Kulon terletang di daerah Pandeglang, Banten. Daerah ini diapit dua kecamatan, mereka adalah Kecamatan Sumur dan Kecamatan Cimanggu. Perlu anda tahu bahwa lokasi tersebut juga dikelilingi pantai – pantai indah Banten seperti pantai Anyer, Pantai Carita dan Pantai Umang. Sebelum kita membahas tentang keindahan Ujung Kulon, mari kita bagaimana konservasi dan suaka badak bercula satu berkembang dan berita apa saja yang ada di sana.

Suaka Badak Bercula Satu di Ujung Kulon Banten

Indonesia meresmikan kawasan suaka badak di daerah Ujung Kulon, karena menurut data yang terkumpul, jumlah badak hanya berjumal 50 ekor saja. Tentu saja angka seperti ini sudah sangat memprihatinkan dan dianggap sebagai siaga satu kepunahan.

Ketika menjelajah Ujung Kulon dan ingin bertemu dengan badak bercula satu yang memiliki nama lain yaitu badak Jawa, mungkin akan sedikit sulit sekarang. Karena pihak pemerintah dengan resmi telah memindahkan ke 50 badak jawa tersebut ke Taman Nasional Ujung Kulon. Banyak pakar konservasi dan bahkan kita berharap besar pada suaka ini untuk meminimalisasikan angka kepunahan dan berharap populasi semakin meningkat. Karena mengingat beberapa tahun silam makhluk kekar bercula yang menggunakan jubah besi mempunyai ribuan populasi di Asia.

Seperti halnya yang terjadi di seluruh dunia, badak Jawa juga mengalami nasib yang serupa. Semua karena cula badak di bandrol sangat tinggi dipasar gelap, untuk alasan ekonomi banyak sekali pemburu badak yang kejam dan hanya mengambil cula badak tersebut. Alasan ini adalah alasan utama kenapa badak jawa mengalami angka kepunahan yang meningkat.

Selain itu, manusia pula yang sudah merusak habitat badak sehingga populasi mereka terus menurun dari tahun ke tahun. Maka dari itu, pemerintah membuka suaka badak yang mencakup sekitar 5.100 hektar hutan, yang terdapat sungai dan tentu saja kubangan lumpur di taman nasional yang sebenarnya sejak tahun 1992 telah menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.

Menurut pemerintahan setempat, paling tidak ada sembilan badak yang sudah memasuki kawasan konservasi. Pemerintah meyakini hal ini karena adanya jejak kaki dan bekas gigitan di sana. Menurut pemerintahan setempat juga, kesembilan badak tersebut sekarang sudah tinggal disalah satu sudut taman dan semoga saja mereka bisa berkembang beberapa tahun kedepan tanpa adanya pencurian cula dan pemburuan oleh oknum – oknum tidak bertanggung jawab. Pengawasan yang ketat juga akan tetap pemerintah optimalkan untuk menjaga kelestarian.

Keamanan dan Fasilitas di Suaka

Untuk mencegah para pemburu memasuki kawasan suaka, pihak pemerintah sudah membangun beberapa meter pagar listrik yang mengelilingi suaka. Bahkan pihak manajemen berniat untuk menanam dan mengembangkan tanaman dan buah- buahan yang menjadi makanan dari badak bercula satu tersebut. Semua upaya telah dilakukan untuk memaksimalkan kembali populasi badak jawa ini, karena pemerintah percaya dengan tempat yang tertutup, kehidupan badak akan menjadi lebih tenang. Setelah menlaah dan mengintip suaka badak jawa, kita kembali menikmati keindahan dan keajaiban dari Ujung Kulon banten.

Tempat Wisata di Ujung Kulon Pandeglang Banten

Tempat pertama yang bisa anda kunjungi setelah menjelahan taman nasional adalah padang rumput Cidaon. Tempat ini benar – benar akan menyegarkan mata anda karena banyak sekali tumbuhan hijau membentang sangat luas. Anda lebih di manjakan lagi dengan adanya fasilitas menara kamera.

Fasilitas ini akan memudahkan anda menggunakan teropong yang terdapat di menara dan melihat dengan lebih jauh betapa indahnya tempat ini. Kenapa menggunakan teropong? Karena di daerah tersebut banyak sekali hewan liar seperti banteng yang sedang merumput. Dan kita diminta untuk tidak mengganggu aktifitas mereka.

Tempat selanjutnya yang wajib anda kunjungi adalah Tanjung Layar. Tempat ini adalah tempat dimana anda bisa merasakan sebuah petualangan hutan yang sangat luar biasa. Ketika anda melakukan petualangan tersebut anda akan dimanjakan oleh kicauan burung – burung dan rimbunya pepohonan hutan. Di akhir petualangan anda akan menemukan mercusuar indah.

Tempat ketiga adalah curug cikarang. Kegiatan utama yang bisa anda lakukan disini adalah tentang penelitian. Karena di daerah ini terdapat hutan primer dan sekunder, yang memungkinkan banya sekali hewan – hewan yang mungkin belum pernah anda temukan sebelumnya.

Selain hewan, penelitian tumbuhan juga menjadi salah satu penelitian yang menarik, terutama tumbuh – tumbuhan yang bisa dijadikan obat.  Tempat wisata terakhir setelah anda melakukan perjalan konservasi badak bercula satu adalah Kepulauan Handeuleum.

Baca juga: wisata pantai tanjung lesung banten

Di kepulauan ini terdapat kumpulan pulau pulau besar dan kecil yang terdapat di area Ujung kulon. Titik yang paling sering dikunjungi dan sangat terkenal adalah sungai Cigenter. Kalian bisa memuaskan diri kalian menyusuri keindahan dan naturalnya sungai Cigenter dengan menggunakan kano. Banyak satwa juga yang bisa anda saksikan si sepanjang sungai.

Related For Mengintip Suaka Badak Bercula Satu di Ujung Kulon