Ingin Berwisata ke Banten? Kontak Exclusive Travelindo

  • Telp : (0254) 227088
  • Hp: +62812 820 67070 / +62878 7137 1170
  • Pin BB: 536E2CAB
  • Email: exclusivetravelindo@gmail.com
Menu

Wisata Alam Curug Gendang Banten

May 19, 2016 | Pandeglang Banten

Curug gendang

Wisata Alam Curug Gendang Banten berada di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang Banten dengan tinggi 7 meter dan luas 10 meter, serta kedalaman 13 meter. Curug ini berada di ketinggian 170 meter di atas permukaan air laut.

Secara historis, Curug Gendang sendiri berasal dari Bahasa Sunda, yaitu “curug” yang berarti air terjun dan “gendang” yang berarti musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditabuh seperti halnya drum pada musik modern. Namun, gendang ini ditabuh dengan menggunakan tangan kosong. Curug gendang sendiri pada awalnya dinamakan Curug Citajur. Namun karena suara gemericik airnya seperti gendang, maka masyarakat setempat kemudian menyebutnya dengan sebutan Curug Gendang.

Jarak yang harus ditempuh untuk mencapai Curug Gendang ini adalah sekitar dua kilometer dari Jalan Raya Carita. Anda tidak diperkenankan masuk ke area ini dengan menggunakan kendaraan sehingga Anda yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi harus meninggalkannya di area parkir. Di sini, Anda bisa menikmati dingin dan jernihnya air terjun setelah terlebih dahulu berjalan kaki di jalan setapak yang lumayan sempit dan licin. Jalan di sini juga terbilang lembap sehingga jalan seringkali licin.

Anda yang menyukai jelajah atau petualangan tentu akan sangat cocok untuk mengunjungi objek wisata alam Curug Gendang Banten ini. Dengan perjalanan yang berliku, tanjakan yang lumayan curam serta turunan yang cukup menukik untuk sampai ke lokasi menjadikan perjalanan Anda semakin mengasyikkan. Selama perjalanan, Anda akan melihat berbagai macam tanaman liar, pohon durian, dan semua suasana perjalanan yang menyejukkan mata dan kesejukan udara yang alami. Selain itu, suara burung dan beberapa binatang juga terdengar mengisi perjalanan Anda.

Bukan hanya itu, jalan setapak di antara pegunungan dan jurang-jurang menuju ke Curug Gendang juga memberikan pemandangan lautan yang luas dengan hijaunya pepohonan di kaki Gunung Krakatau yang terlihat dari kejauhan. Anda yang senang fotografi tentu akan senang dengan perjalanan seperti ini.

Setelah melalui perjalanan yang cukup berat namun mengasyikkan itu, maka Anda bisa langsung merendam tubuh yang lelah dan berkeringat di dalam kolam mata air. Di sini juga Anda akan menemukan masyarakat setempat yang berkunjung dan menyaksikan atraksi mereka turun ke mata air.

Selain berendam atau berenang, Anda juga bisa berkemah di area khusus perkemahan. Tarif yang dikenakan untuk itu adalah sebesar 10 ribu rupiah untuk satu malam. Objek wisata alam Curug Gendang Banten ini juga merupakan tempat yang cukup bersejarah bagi perjuangan di masa penjajahan Belanda karena menurut masyarakat sekitar, di sini juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara yang ingin melihat wilayah persembunyian para pahlawan ketika berperang dulu.

Related For Wisata Alam Curug Gendang Banten