Wisata Danau Tasikardi Serang

Selain beberapa pantai dan pemandian umum, Banten juga memiliki objek wisata lain yang wajib Anda kunjungi. Objek wisata Danau Tasikardi Serang merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak kalah jika dibandingkan dnegan Pantai Anyer, Pantai Carita bahkan Pantai Tanjung Lesung yang terkenal akan keindahannya itu. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Banten memiliki tempat wisata yang satu ini.

danau tasikardi

Selain dapat menjadi tempat wisata alam, Danau Tasikardi juga dapat menjadi destinasi wisata sejarah bagi Anda yang sangat menyenangi sejarah karena di sini banyak terdapat peninggalan bersejarah yang ditinggalkan pada masa kejayaan Kerajaan Banten.

Danau Tasikardi adalah danau yang berada di Desa Matgasana Kecamatan Kramatwat, Kabupaten Serang Banten. Nama Tasikardi sendiri berasal dari kata “tasik” dan “ardi” yang artinya danau buatan. Sesuai dengan namanya, danau ini memang danau buatan yang sengaja dibuat pada masa pemerintahan Panembahan Maulana Yusuf, Sultan Kedua Kasultanan Banten. Danau Tasikardi sendiri terbuat dari bahan ubin batu bata dan pada zaman dulu digunakan sebagai tempat peristirahatan Sultan beserta keluarganya.

Pada zaman dahulu, wisata Danau Tasikardi Serang ini dinamakan Situ Kardi dengan fungsi ganda, yaitu sebagai penampung air sungai Cibanten yang berfungsi mengairi persawahan dan juga sebagai sumber untuk memenuhi pasokan air dalam keluarga Keraton dan masyarakat sekitarnya.

Objek wisata Danau Tasikardi sendiri adalah objek rekreasi yang terbilang ramai, meskipun pengunjung yang datang biasanya masih masyarakat Banten juga karena masyarakat luar Banten belum banyak tahu tentang keberadaan danau buatan yang satu ini. Tipe air di danau ini cenderung tenang dan bergerak mengikuti hembusan angin dengan nuansa agraris yang bisa menaklukkan pemandangan mata Anda.

Di danau ini juga terdapat banyak ikan sehingga digunakan juga sebagai arena memancing. Anda yang memiliki hobi memancing tentu tidak akan melewatkan aktivitas yang satu ini saat mengunjungi objek wisata Danau Tasikardi, kan? Jika Anda tidak membawa peralatan pancing, Anda bisa mendapatkannya dengan membeli di toko atau kantin yang juga menyiapkan perlengkapan memancing di sana.

Baca juga: Wisata pemandian air panas cisolong

Selain menikmati pemandangan yang indah dengan aktivitas memancing yang menyenangkan, Anda juga bisa menikmati aktivitas berkemah di Camping Ground yang ada di sana. Anda juga bisa menyewa perahu dan berlayar menuju pulau kecil di sekitar situ yang pada zaman dahulu dijadikan sebagai tempat rekreasi khusus Keluarga Kesultanan. Di pulau kecil inilah Anda bisa menikmati sisa-sisa peninggalan bersejarah pada masa Kasultanan Banten.

Untuk mengunjungi objek wisata Danau Tasikardi Serang ini, anda bisa menggunakan angkutan umum dengan perjalanan menuju Kramatwatu dari arah Kota Serang atau menggunakan kendaraan pribadi dengan rute yang diambil arah Cilegon dari Kota Serang. Sementara itu, biaya yang diperlukan untuk masuk ke danau ini masih terbilang murah, yaitu 2.500 rupiah saja (jika belum ada kenaikan).

You May Also Like

About the Author: putrabanten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *