Wisata Gunung Karang Pandeglang Banten

Satu di antara sekian banyak gunung berapi yang aktif di wilayah Jawa adalah Gunung Karang yang terletak di Kabupaten Pandeglang, Serang Banten. Gunung ini memiliki potensi meletus meskipun tidak ada sejarah letusan yang pernah ditemukan. Namun, banyak orang yang menjadikan wilayah ini sebagai objek wisata Gunung Karang Pandeglang Banten. Kebanyakan orang datang bukan untuk keperluan wisata berlibur, melainkan untuk wisata ziarah. Oleh sebab itu, Gunung Karang akan dipenuhi oleh pengunjung pada bulan-bulan Rabiul Awal, yakni pada saat maulid nabi. Biasanya, para pengunjung ingin berziarah di patilasan Jaya Raksa selaku sesepuh Kerajaan Banten. Patilasan ini terletak di Desa Kaduengang.

Gunung Karang Pandeglang Banten

Selain bisa mengunjungi patilasan sesepuh Kerajaan Banten tersebut, Anda juga bisa mengunjungi objek wisata Gunung Karang Pandeglang Banten lainnya seperti halnya Sumur Tujuh, kolam renang Cikoromoy, dan pemandian air panas Cisolong. Lokasi pertama yaitu Sumur Tujuh merupakan mata air yang muncul dan menjadi tujuh sumber sehingga penduduk setempat menamainya wisata Sumur Tujuh dengan khasiat air yang keluar dari sumur tersebut dianggap mampu membersihkan diri dari berbagai energi negatif. Oleh sebab itu, orang yang datang mengunjungi sumur tujuh ini akan berdoa sebelum dan selama mandi serta keramas di sumber mata air tersebut. Bahkan jika orang yang mengunjungi tempat tersebut sudah memiliki mata batin, maka akan menemukan fenomena mistis di wilayah ini.

Objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah kolam renang dan Batu Quran di Cikoromoy. Di kolam renang ini, terdapat sebongkah batu besar dengan ukiran huruf Arab yang usianya diperkirakan telah lebih dari 500 tahun sehingga banyak orang yang percaya bahwa jika berendam di kolam tersebut, maka berbagai penyakit bisa disembuhkan.

Beberapa ahli sejarah menyatakan bahwa batu tulis tersebut memang sengaja dituliskan bahasa Arab sebagai bentuk propaganda atau penyiaran Islam pada zamannya. Batu tulis tersebut dijadikan sebagai media bagi Sultan untuk memberikan pengalaman spiritual terhadap pengikutnya. Batu Quran dengan lebar dua meter ini diyakini merupakan peninggalan Ki Mansyur sebagai kerabat Raja Banten. Beliau diyakini sangat pandai dalam ilmu pertanian dan seni.

Selama bertugas, Ki Mansyur mewariskan banyak ilmu kepada masyarakat Banten Selatan, salah satunya adalah ilmu seni yang bernuansa Islami. Misalnya saja, Rampak Bedug sebagai kesenian tradisional yang biasanya digunakan oleh masyarakat Pandeglang untuk membangunkan warga pada Bulan Ramadan. Rampak Bedug ini pula yang digunakan oleh Ki Mansyur pada zaman dulu untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat. Selain itu, kesenian debus juga merupakan salah satu peninggalan seni yang sampai sekarang masih ada di Banten.

Setelah menikmati objek wisata Batu Quran di kolam renang Cikoromoy ini, Anda bisa menuju ke kawasan wisata Gunung Karang Pandeglang Banten lainnya, yaitu pemandian air panas Cisolong. Objek wisata mandi air panas ini mengandung belerang yang dipercaya mampu membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat. Sumber mata air panas ini terletak di Kecamatan Kaduhejo, yakni kurang lebih 10 km dari Kota Pandeglang.

Jadi, untuk Anda yang penasaran dengan peristiwa mistis dan sejarah yang ada di Gunung Karang ini tidak ada salahnya jika mencoba menjelajahi objek wisata tersebut, bukan? Dengan begitu, akan menguatkan mental serta khazanah kekayaan dari wilayah ini. Tentunya hal ini akan bermanfaat untuk kita juga, bukan? Selamat berlibur!

Baca juga:  Sensasi Baru, Wisata Pulau Burung Serang Banten

You May Also Like

About the Author: putrabanten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *