Ingin Berwisata ke Banten? Kontak Exclusive Travelindo

  • Telp : (0254) 227088
  • Hp: +62812 820 67070 / +62878 7137 1170
  • Pin BB: 536E2CAB
  • Email: exclusivetravelindo@gmail.com
Menu

Wisata Pantai Karang Songsong Cibobos Banten

May 18, 2016 | Lebak Banten

Pantai Karang Songsong Cibobos

Hempasan ombak besar menjadi ciri khas bagi pantai-pantai yang ada di Jawa bagian selatan, termasuk pantai-pantai yang ada di Banten yang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat luar maupun lokal untuk menikmati indahnya alam ini. Salah satu tempat yang dapat dikunjungi dengan memandangi ombak khas Pantai Selatan tersebut adalah wisata Pantai Karang Songsong Cibobos Banten.

Pantai ini memiliki dua nama, yakni Pantai Karang Songsong atau Pantai Cibobos yang terletak di Desa Cibobos, Kecamatan Panggarangan, Kawasan Lebak, Banten. Pantai ini menawarkan pesona keindahan akan hempasan ombak dengan benturan karang yang menarik.

Di pantai yang bisa Anda tempuh selama 2 jam dari Kota Rangkasbitung ini adalah pantai yang menawarkan bebatuan karang yang besar dan memanjang hingga ke arah laut. Karena kondisi bebatuan karang tersebutlah maka pantai ini dinamakan pantai Songsong. Songsong sendiri dijadikan nama pantai dengan makna “karang yang menyongsong” ke arah laut dan langsung berhadapan dengan ombak laut Jawa bagian Selatan yang sangat kencang.

Selain disebut sebagai Pantai Songsong, pantai ini juga disebut sebagai Pantai Cibobos yang secara etimologis berasal dari Bahasa Sunda, yakni “ci” yang artinya air dan “bobos” yang artinya kentut. Pantai Cibobos ini memiliki luas sebesar 3 ha. Hal menarik lainnya adalah Pantai Cibobos ini juga merupakan bagian dari RPH Cibobos yang luasnya sebesar 3ha, yakni Hutan Tanaman yang di dalamnya terdapat tanaman jati, mahoni, dan lain-lain. Pantai Cibobos juga memiliki pasir putih seperti halnya pantai-pantai lain yang ada di daerah Banten.

Untuk masuk ke lokasi Wisata Pantai Karang Songsong Cibobos Banten ini, Anda perlu terlebih dahulu membeli karcis. Di dalamnya, Anda bisa menikmati fasilitas toilet atau MCK dan tempat sampah sehingga membuang sampah sembarangan sangat dilarang agar kondisi pantai yang indah dan alami tetap terjaga. Objek wisata pantai yang satu ini juga sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi fotografi. Anda bisa berburu foto laut lepas dan mendapatkan pemandangan matahari terbit atau terbenam.

Untuk sampai ke tujuan wisata yang satu ini, Anda bisa mengambil beberapa jalur, yakni jalur Serang, jalur Rangkasbitung, dan Jalur Sukabumi. Jika lewat Serang dan Rangkasbitung, Anda bisa menggunakan rute angkutan Cibobos-Sawarna dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Sementara itu, dari arah Sukabumi Anda harus terlebih dahulu masuk ke arah Sawarna, barulah menuju Cibobos. Jika tidak ingin repot, sebaiknya Anda pergi bersama keluarga atau teman dengan menggunakan kendaraan pribadi karena jalur yang ditempuh tidak terlalu bagus.

Banten memang memiliki banyak pesona dengan pantainya, termasuk dengan yang telah dibahas tadi. Jadi rasanya tidak ada alasan untuk tidak menikmatinya, bukan?

Related For Wisata Pantai Karang Songsong Cibobos Banten