Keunikan Objek Wisata Pantai Karang Taraje Banten

pantai karang taraje

Indonesia yang merupakan negara maritim terbesar di dunia dari Sabang sampai Merauke adalah bagian dari kesatuan NKRI yang dikelilingi oleh lautan. Tak heran bila sumber daya alam laut sangat melimpah ruah dan menjadikan negara indonesia sebagai negara yang makmur. Dengan slogan negara maritim, Indonesia mempunyai banyak objek wisata yang menyuguhkan pesona alam, salah satunya adalah wisata pantai. Salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan wisata pantainya adalah Banten.

Berkunjung ke Banten yang merupakan provinsi ke-33 di Indonesia ini banyak memberikan kontribusi wisata besar bernuansa alam, khususnya pantai. Di era tahun 80-an sampai era 90-an, wisatawan hanya mengenal beberapa wisata pantai di Banten seperti Pantai Carita, Karang Bolong, dan Pantai Anyer. Dengan pesatnya kemajuan pembangunan dan infrastrukturnya, maka Banten bisa maju dan berkembang menjadi destinasi wisatawan lokal dan asing.

Pembangunan tersebut membuat banyak lokasi wisata yang baru ditemukan dengan letak yang tidak jauh menariknya dari pantai-pantai yang ada di Kota Serang, Banten. Salah satu lokasi yang menarik untuk dikunjungi adalah objek wisata Pantai Karang Taraje Banteng. Pantai yang masuk dalam kompleks gugusan pantai selatan Jawa ini menyuguhkan pemandangan eksotis. Pantai Karang Taraje salah satu pantai yang ada dalam kompleks wisata Pantai Sawarna Banten.

Pantai yang berjarak sekitar 137 KM dari Kota Rangkasbitung dan 38 Km dari Kota Malimping ini berjarak 4 KM dari kota Bayah dan Panati Pulo Manuk yang dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaran roda emapat dan roda dua. Kawasan objek wisata Pantai Karang Taraje Banten ini memilki luas kurang lebih 40 hektare dengan karakter pasir yang padat putih serta gelombang besar yang membuat mata dimanjakan oleh suguhan alam yang memesona.

Anda yang senang berlibur di pantai tentunya penasaran dong dengan nama Pantai Karang Taraje tersebut? Ya, setiap nama memang selalu ada makna, sejarah, dan filosofinya. Nama Pantai Karang Taraje ini diambil dari sebuah karang yag menyerupai taraje dalam Bahasa Sunda yang jika dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia berarti ‘tangga’. Salah satu karang yang ada di pantai tersebut kemudian dijadikan sebagai ikon dari Pantai Karang Taraje ini karena dianggap sangat ikonik dan eksotis.

Karang ikonik tersebut berbentuk menyerupai anak tangga yang berundak-undak. Keunikan ini berbeda dengan pantai-pantai yang lainnya, yang ada di gugusan Pantai Selatan Jawa. Maka dari itu, objek wisata Pantai Karang Taraje Banten ini memilki daya tarik tersendiri yang membuat banyak wisatawan asing maupun lokal berdatangan untuk melihatnya. Selain keindahan alam yang tiada tara, pantai ini juga sangat menjanjikan bagi wistawan yang senang dengan fotografi karena berbagai objek landscape dan natural bisa jadi objek indah dan sempurna untuk diabadikan.

Untuk memasuki kawasan wisata pantai Karang Taraje ini, Anda perlu membayar biaya tiket masuk yang cukup murah. Sementara itu, fasilitas yang bisa digunakan selain kamar mandi adalah adanya beberapa kedai makan dan penginapan yang dapat ditemukan di lokasi wisata Sawarna dan sekitarnya.

Melihat deskripsi yang diberikan kepada pantai yang satu ini, rasanya kita ingin untuk cepat-cepat berlibur, bukan? Dengan keunikannya bisa membuat kita datang kembali ke sana. Jadi, jangan sia-siakan waktu Anda saat berlibur ke wilayah Banten ya! Selamat berlibur!

Baca Juga: Menelaah Jawara Banten

You May Also Like

About the Author: putrabanten

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *