Ingin Berwisata ke Banten? Kontak Exclusive Travelindo

  • Telp : (0254) 227088
  • Hp: +62812 820 67070 / +62878 7137 1170
  • Pin BB: 536E2CAB
  • Email: exclusivetravelindo@gmail.com
Menu

Wisata Pulau Umang Banten

January 17, 2016 | Pandeglang Banten

wisata pulau umang banten

Pesona wisata Pulau Umang Banten memang tidak hanya dikenal oleh masyarakat Banten saja, tapi juga oleh masyarakat luar Banten seperti halnya warga Jakarta. Pulau Umang sendiri sudah dijadikan sebagai pilihan destinasi wisata bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta, Depok, Bogor, dan Bekasi. Selain tidak terlalu jauh, objek wisata yang satu ini juga memang menarik untuk dikunjungi.

Banten memang merupakan tempat yang kaya akan sejarah, kekayaan alam, dan kekayaan budaya sehingga tidak heran jika kota sekaligus provinsi yang satu ini dapat menarik banyak wisatawan tiap akhir pekan. Sejumlah tempat wisata menarik seperti Pantai Anyer dan Pantai Carita sudah menjadi pilihan banyak orang sejak dulu. Namun, karena perkembangan zaman, maka pantai-pantai lain yang ada di Banten juga menjadi salah satu tujuan wisata yang unik dan menarik, bahkan ada juga pulau unik yang bisa Anda jadikan tujuan wisata pekan ini, termasuk Pulau Umang.

Selain keindahannya, Pulau Umang juga dijadikan sebagai destinasi wisata karena pemandangan dan keadaan pantai dan lautnya yang masih alami dan belum terkena polusi. Perairan yang biru dengan pasir putih dan ombak yang tenang tentu akan membuat Anda betah berlama-lama di pulau yang satu ini. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik seperti berenang, bermain olahraga pantai, memancing, dan main banana boat. Daya tarik Pulau Umang ini sepertinya memang lebih dibandingkan Pantai Carita ataupun Anyer yang sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat.

Bagi masyarakat Jakarta yang terbiasa hidup di kota, objek wisata Pulau Umang Banten ini merupakan salah satu pilihan menarik untuk melepas kepenatan dari hiruk pikuk kota dan berbagai rutinitas yang membosankan. Apalagi, jarak yang harus ditempuh pun tidak jauh yakni berada di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Luas kawasan Pulau Umang ini adalah sekitar 5 Ha dengan kawasan yang langsung berbatasan dengan Selat Sunda di bagian Selatan Banten.

Jalan menuju kawasan Pulau Umang Banten ini juga bisa dengan mudah diakses. Anda perlu menempuh perjalanan sebanyak 183 km dari arah Jakarta untuk sampai ke Kecamatan Sumur melalui Pandeglang. Waktu yang diperlukan untuk perjalanan tersebut adalah sekitar 6 jam. Sesampainya di Kecamatan Sumur, Anda akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Umang. Waktu yang harus Anda tempuh untuk perjalanan ini adalah sebanyak 10 menit.

Rute pertama, Anda bisa melewati tol Jakarta menuju Merak, lalu keluar dari Pintu Serang Timur (km 71), kemudian melanjutkan perjalanan ke Pandeglang sampai Lbuan dan diteruskan ke Tarogong, Citeureup, Cigeulis, Cibaliung, Cimanggu, sampai akhirnya menuju Kecamatan Sumur.

Sementara itu, rute kedua yang bisa ditempuh adalah melalui Jakarta menuju Merak dan keluar dari pintu tol Cilegon Barat. Dilanjutkan dengan mengikuti jalan Anyer Carita, hingga akhirnya sampai ke Labuan. Setelah itu, jalur selanjutnya sama dengan rute pertama.

Setelah sampai di Kecamatan Sumur, Anda akan dimintai tiket untuk menyebrang ke Pulau Umang. Namun, jika Anda membawa kendaraan, Anda juga bisa parkir di wilayah tersebut. Biaya yang diperlukan untuk menyebrang ke Pulau Umang ini adalah sebesar 100 ribu per orang.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Umang ini antara lain adalah snorkeling, bermain banana boat, bermain jet ski, bermain olahraga pantai, berjemur, dan lain-lain. Jika Anda ingin melakukan kegiatan snorkeling, maka Anda bisa memilih Pantai Oar. Tentunya kegiatan tersebut akan sangat menantang dan mengasyikkan jika sedang berada di sana.

Lalu, untuk menuju Pantai Oar, Anda hanya perlu menyeberang sedikit dari Pulau Umang. Di pantai ini, Anda akan memperoleh pengalaman yang sangat mengesankan dengan melihat berbagai terumbu karang yang indah dan masih sangat alami.

Taman bermain dengan tema outbond juga bisa Anda nikmati. Apalagi jika Anda datang ke Pulau Umang ini bersama keluarga dan anak-anak. Anda juga bisa memberikan kesenangan kepada anak-anak dengan kolam renang khusus yang menghadap ke laut lepas di daerah ini. Anak-anak juga biasanya akan senang untuk bermain bola di pinggiran pantai.

Sementara itu, untuk kuliner cobalah aneka seafood yang ada di Pulau Umang Banten ini, yakni ikan kakap merah dan kerapu. Beberapa resto yang ada di Pulau Umang ini siap untuk membuat lidah bergoyang dengan aneka masakan di dalamnya. Bahkan, beberapa resto juga menyediakan live musik yang bisa menghibur para pengunjung. Waktu terbaik untuk belribur ke kawasan wisata Pulau Umang Banten ini adalah pada Bulan Juni atau Juli, yakni pada saat laut dan langit sama cerahnya.

Sementara itu, beberapa resort, cottage, dan vila telah disediakan untuk memenuhi kebutuhan Anda saat akan menginap di Pulau Umang ini. Beberapa hotel dan penginapan difasilitasi dengan spa, kolam renang, sampai lapangan voli. Bahkan ada beberapa tempat yang sudah menyediakan paket snorkeling jika Anda menginap di sana. Banyak hiburan yang memberikan kenikmatan selama berlibur di pantai tersebut.

Akan tetapi, Anda perlu memesan kamar jauh hari sebelumnya karena destinasi Pulau Umang yang selalu ramai sehingga terkadang ada wisatawan yuang tidak kebagian tempat bermalam, terutama jika waktu libur panjang. Untuk oleh-oleh, Anda juga tidak perlu khawatir karena di Pulau Umang ini juga Anda bisa menemukan Toko Suvenir khas Pulau Umang.

Dengan melihat ulasan ini, tentunya akan menambah banyak informasi jika ingin berlibur ke pantai, khususnya ke Banten. Selamat berlibur

Related For Wisata Pulau Umang Banten